Yuk, Mengenal Istilah – Istilah Di Asuransi !!!

1 comment 408 views

Mengenal Istilah – Istilah Di Asuransi

Orang memiliki asuransi sekarang ini sudah biasa. Ini dilakukan untuk memberi perlindungan finansial sekaligus mengurangi kerugian yang lebih besar lagi. Banyak manfaat yang bisa kita terima jika mengikuti asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia jasa asuransi. Sebelum mengikuti asuransi ada baiknya kita paham dulu istilah – istilah di asuransisehingga tidak salah pilih memutuskan untuk ikut asuransi.

Lebih Dekat Mengenali Istilah-Istilah Asuransi

Ada baiknya kita mengerti apa asuransi itu. Menurut wikipedia, Asuransi mempunyai arti suatu tindakan, sistem, atau bisnis yang memberi perlindungan secara finansial sebagai ganti rugi atas kehilangan jiwa, properti, kesehatan, dan sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian – kejadian yang tak terduga seperti, kehilangan, kecelakaan, kerusakan, sakit. Asurasni melibatkan pembayaran premi dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti atas polis yang menjamin perlindungan. Secara garis besar dapat diartikan jika asurasi seperti kotrak/perjanjian yang di dalamnya ada kesepakatan antara tertangung dengan penanggung. Penanggung akan membayar ganti rugi jika tertanggung mengalami kerugian. Sedangkan tertanggung berkewajiban membayar sejumlah uang secara perodik ke penanggung. Uang ini lah yang menjadi ganti rugi jika ada kerusakan/kerugian finansial. Sekarang paham kan pengertian asuransi itu? Setelah paham, yuk intip didalamnya ada apa saja

  • Polis asuransi

Polis asuransi merupakanbukti tertulis yang berisi pertanggung jawaban antara perusahaan asuransi dan klien. Selain pertanggung jawaban kedua belak pihak juga terdapat dokumen pendukung yang tidak dapat dipisahkan. Di dalamnya berisi tentang proteksi suatu objek yang dipertanggungjawabkan akan segala resiko yang terjadi di masa mendatang. Polis ini juga biasa disebut dengan surat perjanjian kotrak atau kotrak asuransi, ada juga yang menamakan sertifikat asuransi. Dengan polis ini, klien akan tahu hak dan kewajibannya yang harus dilakukan. Tertanggung harus membaca dengan detail isi dari polis ini jika ada istilah – istilah di asuransi yang belum paham bisa ditanyakan ke agennnya.

Baca Juga !!!  Gear yang Digunakan Hayabusa Pada Mobile legend | Yatmaexpo
  • Premi

Di polis asuransi, ada istilah premi sertai dengan nominal tertentu. Dari situ dapat kita ambil kesimpulan jika premi adalah sejumlah uang yang harus dibayar klien ke perusahaan asuransi tiap bulan atau tiap periode tertentu. Pembayaran ini merupakan kewajiban klien atas keikutsertaan di asuransi, besarnya mulai dari Rp 500.000/bulan, Rp 100.000/bulan, Rp 10.000/perhari, dll. Nilai premi berbeda tergantung dari jenis asuransi karena objek yang diasuransikan juga berbeda. Asuransi kesehatan premina jelas beda dengan premi kendaraan. Pembayaran ini bertujuan untuk polis tetap aktif. Ada 4 jenis premi yakni premi pertama, premi lanjutan, premi perpanjangan, dan premi perubahan.

  • Klaim asuransi

Saat terjadi resiko kerugian, kita bisa melakukan klaim asuransi. Klaim asuransi ditujukan ke perusaaan asuransi untuk meminta pembayaran atas kerugian yang di derita berdasarkan ketentuan perjanjian/polis. Klien akan menerima sejumlah uang pertanggungan sebagai pengganti atas kerugian yang terjadi. Uang pertanggungan ini bisa diteima tertanggung atau ahli waris. Ahli waris ini merupakan nama orang yang akan menerima santunan jika terjadi kematian pada tertanggung. Biasanya terdapat di asuransi jiwa dan kecelakaan. Klaim ini berlaku jika tertanggung masih menjadi polis aktif.

  • Penanggung dan tertanggung

Ada 2 macam pihak yang terlibat dalam asuransi. Yang pertama disebut dengan penanggung yakni pihak/perusahaan yang memberikan jasa penanggulangan risiko. Ada 2 macam perusaaan asuransi yakni swasta ( prudensial, manulife, allians, dll) dan milik negara ( jasa Raharja, bumi putera). Kedua tertanggung yakni seseorang yang menggunakan jasa perusahaan asuransi bisa berupa perorangan, kelompok, atau perusahaan. Jika kita ikut asuransi maka kita disebut pihak tertanggung.

  • underwriting

Jika kita ikut asuransi jiwa ada namanya underwriting. Aktivitas underwriting merupakan proses penaksiran calon tertanggung untuk diterima atau di tolak pengajuan polisnya serta mengklasifikasikan peserta. Pemahaman istilah – istilah di asuransi wajib kita lakukan agar ttidak terjadi salah paham antara yertanggung dan penanggung. Kesalah pahaman ini biasanya terjadi saat klaim ke penanggung.

Baca Juga !!!  Aplikasi Alternatif Terbaik Bagi Pengguna Facebook Agar Hemat Kuota

Tags :

istilah asuransi, asuransi kredit, asuransi mobil termurah, asuransi perjalanan, asuransi mobil sinarmas, sinarmas asuransi mobil, asuransi mobil terbaik, asuransi mobil aca, asuransi mobil sinar mas, aca asuransi mobil, asuransi mobil murah, asuransi mobil all risk, asuransi perjalanan indonesia, asuransi travel

author
Author: 
    1. √ Ini dia Penyebab Klaim Asuransi di tolak - Yatmaexpo1 year ago

      […] asuransi dalam keadaan aktif atau non aktif atau yang disebut lapse. Jika anda belum tahu apa itu Polis asuransi sebaiknya anda harus mengenal lebih detail mengenali polis asuransi dulu. Saat keadaan polis lapse, […]

      Reply

    Leave a reply "Yuk, Mengenal Istilah – Istilah Di Asuransi !!!"