Menelisik Seputar Asuransi kendaran

Posted on

Asuransi kendaran

Ketika kendaran kita mengalami kecelakaan atau tertimpa musibah, hal yang akan kita pikirkan pasti biaya untuk perbaikan kendaraan tersebut, belum ditambah dengan membayar ganti rugi kepada pihak yang dirugikan atau bahkan harus berurusan dengan pihak berwajib. Itu belum ditambah dengan biaya perawatan kita atau anggota keluarga yang mengalami cidera. Biaya – biaya yang sangat besat tersebut akan menyedot uang tabungan. Kita akan dibuat pusing olehnya. Untuk itulah asuransi kendaraan mengambil peran untuk menanggulangi segala resiko yang mungkin dapat terjadi kapan pun, dimana pun sehingga mengurangi kerugian finansial.

Pentingnya Asuransi Kendaraan Bagi Anda

Asuransi kendaran merupakan salah satu jenis asuransi yang melibatkan tertanggung (klien) dengan penanggung (perusahaan asuransi) dengan memproteksi kendaraan. Asuransi ini dapat dipergunakan jika kendaraan yang diasurasikan mengalami musibah, klien bisa mengajukan klaim ke perusahaan asuransi untuk minta ganti rugi. Seperti pada umumnya asuransi, klien diharuskan membayar sejumlah uang sebagai premi falam jangka waktu tertentu yang telah disepakati kedua belah pihak.

Asuransi kendraaan bertujuan untuk melindungi kendaraan sisi finansial milik tertanggung terhadap segala risiko yang kemungkinan timbul dimasa depan. Risiko itu seperti pencurian, kecelakaan, musibah kecil dan besar, kerusuhan bahkan sampai bencana alam. Dengan mengikuti asuransi ini, kita tidak perlu pusing – pusing lagi meminjam atau membuka uang tabungan jika kendaraan kita mengalami musibah. Keistimewaan lainnya jika kendaraan kita mengalami kejadian tak terduga seperti mogok di jalan, kita bisa menghubungi asuransi untuk di derek dan diperbaiki di bengkel rekanan. Sebagai gantinya, mobil pengganti dari pihak asuransi bisa kita gunakan untuk melanjutkan aktivitas. Ini menjai bukti bahwa asuransi sangat memperhatikan konsumennya.

Baca Juga !!!  Asuransikan Rumah Dari bahaya yang mengancam

Kendaraan bermotor yang menjadi objek asuransi tidak hanya mobil tetapi sepeda motor juga dilayani dengan perlakuan sama. Secara umum, ada 5 risiko yang akan ditanggung antar lain : terjadinya kecelakaan, tabrakan, lecet, terperosok, tergelincir, terlindas, san sejenisnya, tindakan kriminalitas seperti pencurian atau pencongkelan, karena bencana alam seperti tanah longsor, banjir, terbakar karena petir , dan yang terakhir kerusuhan massal.

Ada dua macam jenis perlindungan yang ada di asuransi kendaraan yakni Total Lost Only (TLO) dan Comprehensive (All Risk). TLO merupakan proteksi terhadap kendaraan yang dipertanggungkan dan klaim dapat dicairkan jika kendaraan mengalami kerusakan total lebih dari 70% dan tidak mungkin dilakukan recovey. TLO ini juga mengcover akibat aksi kriminalitas seperti pencurian dirumah ataupun di parkiran, perampasan, penodongan, dan pembegalan.

All Risk merupakan jenis perlindungan yang sama dengan TLO tetapi mempunyai beberapa keunggulan. Selain melindungi kendaraan yang dipertanggungkan, biaya perbaikan jika mengalami masalah atau musibah juga masuk cakupan asuransi kendaraan. Keistimewan jaminan ini melingkupi kerusakan yang sepele seperti kehilangan perlengkapan tambahan sampai dengan kerusakan parah. Manfaat lainya jika kita mengikuti jaminan ini berhak akan tambahan fasilitas. Fasilitas yang dimaksud adalah Tanggung jawab Hukum pihak ketika (JTH III) yang mencover pemegang polis jika menabrak seseorang dengan tidak sengaja dan Personal Accident (PA) yang meindungi diri kita sendiri saat kecelakaan.

Sebegitu luas dan besarnya cakupan asuransi kendaraanakan berpengaruh ke premi yang ditawarkan. Dalam penentuan besaran premi bukan hanya cakupan tetapi juga usia kendaraan dan jenis kendaraan berpengaruh. Semakin lama usia kendaran maka semakin tinggi karena resiko kerusakan besar ditambah dengan suku cadang yang kemungkinan langka di pasaran. Di beberapa perusahaan ada yang menggabungkan kedua jenis perlindungan ini. Sebagai ilustrasi, seseorang yang membeli mobil baru akan ikut jaminan all risk, di tahun ke tiga berubah menjadi TLO dengan pertimbangan usia kendaran yang tidak muda lagi.

Baca Juga !!!  Tips memilih Asuransi yang terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *