Mari Kita Kupas Tuntas Asuransi Syariah !!!

Posted on

Kupas Tuntas Asuransi Syariah

Saat ini banyak sekali jenis asuransi yang ditawarkan, dimana tiap jenis perusahaan asuransi mempunyai istilah – istilah yang bisa menarik minat masyarakat untuk menikuti asuransi. produk yang dikeluarkannya pun hampir sama antar perusahaan tetapi ada berbagai fitur dan keungulan masing – masing. Kita sebagai calon pengguna, seyogyanya memahami dan mengerti dengan baik asuransi yang akan pih dan gunakan sehingga kota mendapatkan nilai kamanfatan dan keuntungan yang optimal.

Asuransi Syariah Berkembang Peminatnya Dari Tahun Ke Tahun

Beberpa tahun ini muncul asuransi yang bernuansa agama yakni, asuransi syariah. Asuransi ini hadir untuk menjawab pertentangan adanya hukum mengikuti asuransi menurut Islam. Asuransi syariah menurut Dewan Syariah Nasional merupakan sebuah usaha untuk saling melindungi dan saing tolong menolong diantara sejumlah oarang, dimana hal inidilakukan melalui investasi dalam asset (tabarru) yang memberikan pola pengembangan untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah. Secara garis besar, peserta asuransi syariah akan menghibahkan sebagian atau seluruh premi yang akan digunakan untuk membayar klaim jika ada peserta asuransi lain yang mengalami musibah. Peran perusahaan hanya sebagai pengelola operasional dan ivestasi dari sejumlah dana yang diterima. Penerapan ausransi syariah ini sementara hanya ada di asuransi kesehatan dan asuransi jiwa di beberapa perusahaan asuransi.

Ada beberapa perbedaan antara asuransi syariah dengan asuransi konvensional. Dalam pengeloaan risiko saja, jika asuransi syariah menggunakan metode dimana risiko di bebankan/ dibagi kepada perusahaan asuransi dan peserta asuransi itu sendiri. Dana hibah dikumpulkan dari peserta lain dan diberikan ke peserta yang tertimpa musibah lewat perusahaan. Lain hal nya jika asuransi konvensional, dimana risiko dipindahkan/dibebankan oleh peserta asuransi kepada pihak perusahaan sesuai dengan perjanjian. Ini mengakibatkan perusahaan yang bertanngung jawab penuh ke peserta yang tertimpa musibah.

Baca Juga !!!  Mengenal Lebih Jauh SWDKLLJ

Dalam ahad pengelolaan dana, asuransi syariah bersifat transparan bagi pengguna polis dan dipergunakan sebesar – besarnya untuk keuntungan anggota. Hal ini selaras dengan sistem perjanjian yang menggunakan akad hibah (tabbaru) yang jelas halalnya. Sedangkan secara konvensional, keuntungan hanya dinikmati oleh perusahaan asuransi saja senfakan anggotanya hanya menikmati jika terkena musibah sesuai dnegan perjanjian.

Karena dana adalah milih bersama, maka asuransi yang berbasis syariah anggota mendapatkan keuntungan langsung dari dana yang di investasikan. Hal ini berbeda dengan konvensional, dimana dana merupakan milik perusahaan, sehingga saat perusahaan untung yang menikamati juga perusahaan sendiri. Ciri khas syariah tetap dii munculkan dengan kewajiban membayar zakat disetiap keuntungan yang didapat.

Dalam hal klaim dan layanan, polis asuransi bisa dipergunakan oleh seluruh anggota keluarga dengan hanya membayar premi peserta sehingga lebih ringan. Dalm hal ini menerapkan sistem penggunakan kartu dan membayar semua tagihan yang timbul. Jelas hal ini tidak ada di asuransi konvensional.

Pencarian keuntungan di asuransi syariah didapat dari investasi di semua sektor ekonomi. Tetapi ada beberapa sektor yang dilarang untuk investasi yakni: kegiatan perjudian, perdagangan dnefan riba, kegiatan yang berkaitan dengan barang haram mulai dari produksi dampai dengan perdagangan. Sektor tersebut terlarang untuk investasi. Pengawasannnya pun langsung dari Dewan Syariat Nasional dan MUI.

Beberapa akad yang ada di asuransi syariah antar lain: akad tabarru’ yang berisi pembayaran premi, akad tijarah yang berisi perjanjian antar perusahaan dengan tujuan komersil, akd Wakalah bil Ujrah yang berisi memberi kuasa perusahaan asuransi untuk mengelola keuangan, dan terakhir akad Mudharabah yang berisi pengelolaan keuangan.

Dengan adanya asuarnsi syariah diharapkan tidak ada lagi perbedaan pendapat lagi mengenai hukum asuransi. Semua sudah diupayakan agar sesuai dengan syaraiat Islam.

Baca Juga !!!  Ini dia !!! Keuntungan Dan Kerugian Asuransi Jiwa Bagi Anda

 

Tags :

asuransi syariah, asuransi kesehatan, asuransi kesehatan terbaik, asuransi kesehatan keluarga, asuransi kesehatan syariah, asuransi jiwa syariah, asuransi rawat jalan, asuransi jiwa terbaik, prudential syariah, asuransi pendidikan terbaik, asuransi pendidikan syariah, asuransi kesehatan yang bagus, asuransi kesehatan keluarga terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *