Kelebihan Vitamin E, Benarkah Berdampak Buruk?

Seperti kamu ketahui bahwa vitamin E sangat berguna untuk kesehatan tubuh kamu. Kandungan antioksidan dalam vitamin E berfungsi untuk menghambat masuknya radikal bebas ke dalam tubuh kamu. Selain itu, juga berfungsi untuk membentuk kolagen sehingga kulit menjadi cerah dan tidak kusam. Oleh karenanya mengonsumsi vitamin E sangat baik untuk kesehatan kamu. Bagi kamu para pria, vitamin E ini juga baik untuk membantu kesuburan kamu.

Namun, kamu tahu tidak apa yang akan terjadi jika kelebihan vitamin E? Ternyata kadar vitamin E yang terlalu berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan kamu. Kamu akan rentan terserang penyakit mematikan yang akan mengancam kesehatan kamu. Jadi disarankan kamu untuk lebih bijak dan menimbang kadar vitamin E yang anda konsumsi. Berikut akibat jika kamu kebihan vitamin E.

  1. Otak dan Sistem Saraf Rusak

Akibat dari kadar vitamin yang terlalu berlebihan adalah akan merusak sistem saraf dan otak kamu. Hal ini bisa terjadi perkembangan sel darah merah tidak dapat normal sehingga terbagi menjadi dua. Dampak ini perlu kamu waspadai karena menyerang otak yang merupakan organ penting dalam tubuh kamu. Selain itu, kelainan saraf yang banyak sekali jenisnya akan siap menyerang kamu jika memang kamu tidak segera menanganinya.

  1. Katarak

Kesehatan mata ternyata tidak saja membutuhkan vitamin A saja, ternyata nih, vitamin E juga sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata. Jika kamu mengalami kelebihan vitamin E maka hal itu akan membuat lensa kotak tertutup dengan cairan dan menyebabkan katarak. Cairan itulah yang dibawa vitamin E hingga menumpuk dan menjadi katarak. Jadi kamu harus rutin mengecek kadar vitamin E dalam tubuh kamu, jangan sampai berlebih ya.

  1. Bayi Premature

Kelebihan vitamin E ternyata menyebabkan bayi terlahir secara premature. Bagi kamu ibu hamil atau yang memiliki istri sedang hamil usahakan untuk rutin mengcek kadar vitamin E. karena jika tidak, dan diketahui berlebihan maka resiko bayi premature semakin tinggi. Tentu hal ini tidak ingin kamu alami kan. Sebelum terjadi lakukan usaha pencegahan dengan mengukur kadar vitamin E di dalam tubuh anda.

  1. Gangguan Kulit
Baca Juga !!!  Cara menggunakan cuka sari apel untuk perawatan kulit

Seperti kamu ketahui bahwa vitamin E dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Namun, kamu akan mengalami akibat fatal jika kelebihan vitamin E. kulit kamu akan mengalami gangguan bahkan jika tidak segera ditangani akan merambah pada enfeksi dan jika kamu memiliki kadar gula berlebih maka dapat dipastikan semakin parah. Oleh karenanya, hindarilah dengan mengecek kadar vitamin E dalam tubuh anda.

  1. Beresiko Kematian

Kelebihan kadar vitamin E ternyata dapat menyebabkan pendaharan sulit mengering. Jika hal ini menyatu dengan kadar vitamin K yang berlebihan, maka yang terjadi adalah kanker prostat bagi kamu yang pria. Memang benar vitamin E dapat menghindarkan kita dari serangan sel kanker. Namun, dalam penelitian, ternyata mereka yang rutin mengonsumsi vitamin E ternyata beresiko terkena kanker. Bahkan, hal itu dapat menyebabkan kematian.

Nah, kasus di atas merupakan orang yang tidak pernah mengecek kadar vitamin dalam tubuh mereka. Oleh karena itu kamu harus mengepaskan takaran normal kebutuhan vitamin E dalam tubuh kamu. Takaran normal vitamin E yang disarankan adalah 15 mg. bisa kamu dapat melalui konsumsi biji bunga matahari, almod, hazelnut, mangga, alpukat, brokoli, labu, bayam, kiwi, tomat, dan makanan lain yang mengandung vitamin E.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *