Fungsi Zat Besi untuk Darah yang Wajib Kamu Tahu

1 comment 239 views

Zat besi ternyata memiliki kaitan dengan keperluan dan stok darah untuk tubuh kamu. Sehingga kamu dapat beraktivitas dengan biasanya karena terpenuhinya jumlah darah dalam tubuh kamu. Proses pengangkutan oksigen dari paru-paru dibawa menuju jaringan adalah tugas dari zat besi. Di dalam pengangkutan itulah terjadi proses pembentukan energi melalui sel tubuh. Di dalam melakukan tugasnya zat besi bekerja sama dengan protein hingga myoglobin terbentuk. Jika fungsi itu tidak bekerja secara normal maka kamu akan mengalami berbagai akibat yaitu kekurangan zat besi dan magnesium.

Zat besi sendiri memiliki peran yang cukup banyak bagi tubuh anda terutama bagi darah. Nah, apa saja fungsi zat besi yang sebenarnya? Artikel berikut akan mengulas fungsi zat besi untuk darah yang wajib kamu ketahui. Sehingga dengan demikian kamu akan semakin menjaga kandungan zat besi dalam tubuh kamu untuk kesehatan.

  1. Pengangkut Oksigen

Zat besi berfungsi untuk menyalurkan oksigen ke organ di seluruh tubuh manusia. Agar proses distribusi tersebut berjalan lancar, kamu harus memenuhi asupan zat besi yang dibutuhkan. Sehingga kerja zat besi sendiri semakin lancar sehingga darah dan oksigen dapat tersalurkan dengan baik.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Enzim dapat dibentuk oleh zat besi dan membentuk myoglobin serta katala yang terdapat dalam darah. Inilah ketika zat besi dalam tubuh anda terpenuhi maka sistem kekebalan tubuh kamu semakin meningkat. Dengan demikian, virus penyakit yang akan masuk tidak berdaya dan akhirnya mati sehingga kamu akan kebal terhadap penyakit.

  1. Membentuk Hemoglobin

Dalam fungsi membentuk hemoglobin, zar besi berperan sebagai penyuplai warna merah tua dalam sel darah. Secara otomatis dengan kandungan zat besi yang cukup maka, sel darah akan dapat memenuhi kebutuhan darah merah dalam tubuh kamu. Kondisi ini akan menghindarkan kamu dari serangan penyakit anemia dan berbagai penyakit darah lainnya.

Baca Juga !!!  5 Cara Mudah Meningkatkan Kalium, Wajib Kamu Ketahui

Baca Juga :

Ketahui 7 Khasiat Minyak Nabati Bagi Kesehatan, No 6. Paling Super

Kelebihan Vitamin E, Benarkah Berdampak Buruk?

Wajib Tahu Penyebab Penyakit Beri-beri, Jangan Sampai Terlambat

  1. Menyembuhkan Penyakit Anemia

Karena zat besi berperan untuk membentuk hemoglobin maka terpenuhinya zat besi akan membuat darah dalam tubuh cukup. Kamu pasti tahu bahwa penyakit anemia adalah karena kekurangan sel darah merah. Sehingga ketika kamu memenuhi kebutuhan zat besi dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, maka produksi sel darah merah secara otomatis akan meningkat. Hingga akhirnya anemia yang kamu alami berangsur akan memulih.

  1. Membantu Proses Metabolisme dan Membentuk Enzim

 

Metabolisme sehat merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memberikan fungsi dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian zat besi selalu dikaitkan dengan proses metabolism yang baik. Sehingga proses berjalan dengan tanpa kendala dan kamu dapat beraktivitas dengan normal. Hal itu juga berlaku untuk proses pembentukan enzim.

  1. Meningkatkan Kerja Otak dan Otot

Zat besi yang mengangkut oksigen ke otak ternyata juga akan membasmi radikal bebas yang mengendap di otak dan otot. Sehingga kerja otak dan otot semakin meningkat. Kondisi yang baik ini dapat menghindarkan kamu dari berbagai kelainan saraf yang mungkin dapat saja menimpa kamu. Namun, kamu harus memenuhi kebutuhan zat besi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi cukup tinggi sehingga kerja otak dan otot kamu semakin meningkat.

  1. Mengatur Suhu Tubuh

Dengan terpenuhinya oksigen yang dibawa oleh zat besi menuju ke semua organ tubuh membuat organ dapat bekerja dengan baik. Kondisi inilah yang membuat temperature atau suhu tubuh kamu tetap normal.  

Baca Juga !!!  Cara Membuat Pemutih Kulit menggunakan telur ayam
author
Author: 
    1. Cara Melakukan Pengelupasan Bibir di Rumah - Yatmaexpo2 years ago

      […] Fungsi Zat Besi untuk Darah yang Wajib Kamu Tahu […]

      Reply

    Leave a reply "Fungsi Zat Besi untuk Darah yang Wajib Kamu Tahu"