Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet

No comment 322 views

31 Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet hingga bisa lebih 5 tahun

Cara merawat laptop agar tetap awet – Meskipun saat ini orang lebih suka menggunakan smartphone android bukan berarti pengguna laptop akan beralih juga. Laptop masih dipilih untuk beberapa alasan penting yang susah dimiliki oleh smartphone saat ini. Bagi pengguna laptop yang ingin agar laptopnya bisa bertahan lama dan terhindar dari kerusakan parah, kami telah merangkum sebanyak 31+ cara merawat laptop agar bisa awet hingga lebih 5 tahun. Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya.

Cara Merawat Laptop

Cara Merawat Laptop

Cara Merawat Laptop Agar Bisa Tahan Lama Dipakai Tanpa Diservis

Cara Merawat Laptop #1 : Jangan Pakai Laptop Saat Diatas Tempat Tidur

Kalau kamu pernah memakai laptop diatas tempat tidur, sebaiknya jangan diulangi lagi. Karena pemakaian diatas tempat tidur  bisa membuat perputaran udara didalam laptop yang seharusnya keluar juga melalui bagian bawah laptop jadi terhambat. Dan akhirnya membuat laptop lebih cepat panas. Selain itu, debu diatas tempat tidur bisa masuk ke dalam sela-sela lubang ventilasi laptop sehingga sirkulasi udara jadi terhambat juga.

Cara Merawat Laptop #2 : Bawa Laptop Saat Menyala, Harddisk Bisa Sering Kena Bad Sector

Saat laptop menyala jangan sekali-kali membawanya. Apalagi, membawanya dengan arah vertikal. Kondisi harddisk saat laptop menyala, sedang berputar sangat cepat untuk memproses data yang kalian kerjakan. Kondisi ini sangat rentan terhadap goncangan-goncangan keras yang berakibat sering terjadinya bad sector. Sebelum membawanya untuk jarak agak jauh, selalu matikan terlebih dahulu.

Cara Merawat Laptop #3 : Jangan Tutup Langsung Laptop Kamu Setelah Digunakan

Menutup laptop yang panas sesaat setelah dipakai, bisa membuat umur laptop kamu berkurang drastis. Terutama LCD atau layar laptopnya. Karena panas yang keluar dari keyboard akan merambat ke layar dengan lebih cepat. Semakin layar cepat terkena panas, semakin pendek pula umur layar laptop. Jadi lebih baik, sebelum ditutup tunggu hingga laptop kamu dingin. Kurang lebih 3-5 menit cukup.

Cara Merawat Laptop #4 : Kurangi Main Game-game Berat di Laptop Kamu

Kebanyakan laptop rusak itu karena pemakainya suka main game berat yang tidak sesuai dengan kualitas laptop. Ditambah lagi, orang kalau sudah main game tidak mungkin sebentar. Pasti lama dan juga tidak mungkin sekali saja mainnya. Ya, pasti laptopnya akan cepat rusak. Jika tidak kerja prosesor yang semakin lambat, pasti baterainya sering low batt. Jika kamu memang ingin main game-game berat, maka disarankan untuk beli laptop khusus gaming. Tapi kalau kamu main game hanya untuk mencari hiburan, maka cari game-game yang ringan saja. Itu lebih bisa membuat laptop kamu awet.

Cara Merawat Laptop #5 : Terlalu Lama Memakai Laptop Juga Bikin Cepet Rusak

Meski tidak bermain game, pemakaian tak wajar seperti saat dikejar deadline atau tugas skripsi, bisa juga merusak laptop. Pemakaian yang terlalu lama bisa mempercepat suhu laptop menjadi tinggi. Akibatnya laptop akan overheat dan akhirnya cepat rusak. Solusinya adalah atur jadwal tugas kamu agar lebih terstruktur dalam mengerjakan tugas dan menyelesaikan deadline. Pemakaian normal laptop paling lama adalah 5 jam nonstop. Jadi diluar batas itu, matikan laptop dan jangan digunakan hingga 2 jama kemudian jika kamu ingin laptop kamu berumur panjang.

Cara Merawat Laptop #6 : Sering-sering Dibersihkan Laptonya!

Karena sering dipakai atau hanya dipakai saat butuh saja, sangat jarang sekali melihat laptop yang bersih dari debu. Hampir 8 dari 10 orang pengguna laptop selalu malas untuk membersihkan debu yang ada di sekitar keyboard atau layar pelindung laptop. Tidak hanya jadi terlihat kotor, debu yang menempel terlalu lama akan lebih sulit dibersihkan. Efek jangka panjang, bisa jadi akan masuk ke dalam body laptop kamu dan akhirnya menghambat kinerja laptop. Cukup bersihkan laptop dengan tisu minimal 3 kali seminggu dijamin laptop kamu akan terlihat bersih.

Cara Merawat Laptop #7 : Jauhkan dari Minuman/Cairan Apapun

Baca Juga !!!  Gear yang Digunakan Balmond Pada Mobile Legend

Untuk menghindari banyak sekali kejadian tak terduga, kamu perlu mengawasi barang-barang apa saja yang ada didekat laptop kamu saat memakainya. Yang paling penting adalah jauhkan dari minuman. Memang tidak selalu terjadi, tapi jika saja minuman kamu tumpah dan masuk ke dalam body laptop kamu, maka siap-siap untuk membeli laptop baru. Karena hanya sedikit laptop yang berhasil sehat kembali setelah terkena tumpahan cairan apapun hingga ke dalam body laptop.

Cara Merawat Laptop #8 : Jangan Jadikan Laptop Jadi Alas Taruh Barang

Salah satu yang jadi kebiasaan buruk mahasiswa adalah menggunakan laptop menjadi tempat alas sementara. Lho kog bisa? Badan laptop yang datar dan kotak sangat menyerupai sebuah alas untuk menaruh sesuatu. Jika masih ringan, tidak apa-apa. Bagaimana jika yang ditaruh diatas laptop adalah buku yang biasa bertumpuk-tumpuk. Bisa cepat rusak LCD laptopnya.

Cara Merawat Laptop #9 : Hindarkan dari Jangkauan Anak Kecil

Memakai laptop disekitar anak-anak kecil yang jaman sekarang hobi sekali main game online, akan sangat merepotkan. Akan banyak sekali kemungkinan gangguan yang bisa merusak laptop kamu jika kamu tidak menjaganya dengan ketat. Bisa-bisa laptop kamu dibuat bulan-bulanan bagi tangan-tangan kecil mereka.

Cara Merawat Laptop #10 : Download Sembarangan Bisa Bikin Laptop Sarang Virus

Tidak hanya menjaga dari gangguan luar dari anak kecil, kamu juga harus waspada dengan gangguan dari dalam. Seperti virus dan malware. Sudah banyak sekali kasus laptop yang akhirnya harus diinstal ulang, karena terkena virus dan malware. Salah satu penyebab virus bisa masuk ke dalam laptop kamu adalah saat kamu mengunjungi dan mendownload sesuatu dari situs-situs sembarangan. Jadi pastikan untuk selalu menjaga laptop kamu dengan hanya mengunjungi dan mendownload apapun dari situs yang benar-benar dipercaya banyak orang.

Cara Merawat Laptop #11 : Jangan sampai Sentuh 0%

Jika saya menggunakan subjudul diatas, pasti kamu tau arahnya kemana. Ya, baterai laptop. Hampir 2 dari 3 orang pemakai laptop sering mengalami baterai laptop yang semakin cepat habis dayanya. Salah satu cara agar baterai laptop bisa awet dan tahan lama adalah pastikan untuk selalu mengisi daya sebelum pesan low batt muncul. Biasanya sih, 10%. Jadi, sesaat sebelum pesan itu muncul, kamu harus cepat-cepat charge dulu dan jangan digunakan. Jangan sampai sudah dibawah 0%, kamu masih menggunakannya hingga 0%. Bisa-bisa, baterai kamu rusak lebih cepat dari normalnya.

Cara Merawat Laptop #12 :  Perhatikan Suhu Laptop

Di beberapa daerah di Indonesia, suhu udaranya bisa sangat panas. Terlebih bagi kamu yang banyak beraktifitas di luar ruangan karena biasanya bisa memicu naiknya suhu laptop meskipun tidak digunakan. Sebaiknya tunggu sampai cukup dingin terlebih dahulu laptop kamu sebelum kamu gunakan untuk keperluan. Karena suhu panas ekstrim di body laptop bisa membuat komponen di dalam laptop ikut kepanasan.

Cara Merawat Laptop #13 :  Jauhkan dari Sinar Matahari Langsung

Suhu laptop yang sangat panas atau overheat bisa juga terjadi karena lama terkena sinar matahari langsung. Seperti yang kamu tahu, sebagian besar elektronik juga sangat dilarang terkena matahari langsung karena mesin bisa lebih cepat kepanasan.

Cara Merawat Laptop #14 :  Pasang Software yang Sesuai atau Biasa-Biasa Saja

Agar laptop awet dan tahan lama, kamu juga harus mengerti batasan-batasan laptop yang kamu punya. Karena kebanyakan keluhan kerusakan laptop yang akhirnya tidak bisa dipakai adalah lemot. Jadi, kamu harus tahu mana software atau aplikasi yang menghisap daya besar dan sekiranya tidak terlalu kamu butuhkan. Kamu bisa mengeceknya di tab menu Control Panel  > Programs > Uninstall Program. Sebaiknya kamu juga menginstall aplikasi yang standar saja dan memang sangat penting buat keperluan kamu.

Cara Merawat Laptop #15 : Batasi Aplikasi Pembeban Startup Laptop

Kebanyakan aplikasi juga bisa membuat proses booting up atau mulai kerja di awal jadi semakin lama. Apalagi ada banyak aplikasi tertentu yang diatur untuk ikut terbuka setiap saat laptop itu mulai menyala. Aplikasi semacam ini biasanya dikenal dengan startup apps. Jika kamu punya aplikasi CCleaner (nanti akan dibahas juga kenapa aplikasi ini dan sejenisnya sangat penting buat laptop kamu), kamu bisa melihatnya di tabs menu Startup dan memilih mana aplikasi yang sekiranya memberatkan proses awal kerja laptop.

Baca Juga !!!  Smartphone Fingerprint Murah Harga Di Bawah 1,6 Juta

Cara Merawat Laptop #16 : Saat Dicharge, Jangan Pakai Laptop

Alasan kenapa banyak baterai lebih cepat low batt adalah saat dicharge, laptopnya dipakai. Kebiasaan ini sering sekali dilakukan dan pasti kamu juga pernah melakukannya. Menggunakan laptop yang sedang dicharge, bisa menurunkan daya tahan baterai lebih cepat. Jadinya baterai laptop kamu jadi semakin boros. Sebaiknya, tutup dan matikan dulu laptop kamu saat dicharge. Jika memang mendesak, kamu bisa pinjam dulu laptop teman kamu untuk meneruskan keperluan kamu. Intinya, saat dicharge, laptop jangan dipakai.

Cara Merawat Laptop #17 : Pasang dan Aktifkan Selalu Antivirus

Salah satu upaya lain agar laptop kamu bisa terbebas dari virus dan malware adalah pasang dan jalankan antivirus. Antivirus rekomendasi seperti Smadav, AVG dan Kaspersky bisa jadi solusi alternatif mengatasi virus berbahaya. Bagi kamu yang sudah install Windows 10, kamu tidak perlu memasang antivirus tambahan karena di paket Windows 10 sudah ada Antivirus yang sudah sangat bagus untuk mengatasi virus dan malware.

Cara Merawat Laptop #18 : Gunakan Cooling Pad Jika Perlu

Terus bagaimana kalau laptop punyaku sudah keburu cepat panas? Kalau begitu, kamu perlu tambahin pendingin. Cooling pad bisa kamu beli dibawah 50 ribu. Murah dan cukup efektif untuk bantu menurunkan suhu laptop agar tidak terlalu cepat panas.

Cara Merawat Laptop #19 : Jauhkan dari Makanan Apapun

Selain minuman, kamu juga harus waspada terhadap makanan yang ada disekitar laptop kamu. Meski tidak terlalu berbahaya, makanan yang bisa saja jatuh atau terkena masuk ke dalam body laptop bisa membuat laptop kamu kotor. Efek lebih parahnya, potongan-potongan kecil dari makanan itu bisa jadi masuk ke dalam laptop melalui sela-sela keyboard dan akhirnya bisa merusak komponen di dalam laptop.

Cara Merawat Laptop #20 : Matikan Laptop Kamu Dengan Benar

Tips paling dasar dan paling penting untuk merawat laptop kamu adalah selalu matikan laptop dengan langkah-langkah yang benar. Hal ini mutlak harus kamu lakukan agar laptop kamu tidak pernah terkena bad sector dan bisa awet tahan lama.

Cara Merawat Laptop #21 : Selalu Backup Rutin Data-data Penting

Bisa saja laptop kamu tiba-tiba saja terkena virus atau mungkin jatuh dan akhirnya tidak bisa kamu gunakan. Lalu tukang servis menyarankan untuk install ulang. Artinya kamu harus siap jika semua data file yang kamu punya harus hilang dengan sekejap. Nah tuh, bagaimana jadinya skripsi atau tugas kamu? Jadi, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi kapanpun, kamu harus lakukan backup rutin. Entah di DVD, flashdisk atau harddisk eksternal, kamu harus punya backup data penting yang kamu punya. Dan ini harus kamu tambah rutin setiap 3 bulan sekali atau sebulan sekali.

Cara Merawat Laptop #22 : Jangan Sekali-kali Dipakai Saat Hujan

Saat cuaca sedang hujan, jangan sekali-kali menggunakan laptop. Terlebih laptop kamu sedang terhubung dengan daya listrik alias dicharge. Meski jarang terjadi dan semoga saja tidak pernah terjadi, laptop yang terkena petir bisa meledak, terbakar dan hangus. Akhirnya kamu harus menyisihkan uang kembali untuk membeli laptop baru.

Cara Merawat Laptop #23 : Update Rutin OS Aslinya

Pernah lihat ada notifikasi pembaharuan atau update sistem? Jika tidak, bisa jadi notifikasi nya sudah dinon-aktifkan sebelumnya. Update sistem penting sekali untuk menjaga keamanan laptop dan kinerja laptop. Jika kamu menggunakan Windows 8, kamu bisa mengeceknya dengan masuk ke menu Control Panel > System and Security > Action Center.

Baca Juga !!!  Cara Menurunkan Berat Badan Yang Efektif Dengan Teh Daun Teratai

Cara Merawat Laptop #24 : Hindarkan dari Binatang Peliharaan Kamu

Bagi kamu yang punya peliharaan misal kucing dan anjing di rumah, sebaiknya untuk menjaga jarak dengannya saat menggunakan laptop. Karena bisa jadi laptop kamu akan dijadikan benda mainan bagi mereka. Dan bahkan bisa dijadikan alas tempat tidur mereka.

Cara Merawat Laptop #25 : Periksa Dulu Sebelum Menutup Laptop

Sebelum menutup layar laptop, periksa dulu apakah ada sesuatu diatas keyboard. Bisa saja, ada pensil, spidol atau benda keras lainnya yang bisa membahayakan layar laptop kamu. Karena sedikit saja kamu paksakan, layar laptop kamu akan jadi korban. LCD laptop baru masih diatas satu jutaan lho. Lumayan mahal bukan!

Cara Merawat Laptop #26 :  Selalu Gunakan Tas Laptop

Sebelum membawa laptop kemanapun, selalu gunakan tas laptop sebagai pelindungnya. Tas laptop didesain khusus untuk menjaga laptop dari gesekan, benturan dan kenaikan suhu secara drastis. Jadi kamu bisa lebih aman dan nyaman menggunakan laptop dimanapun kamu berada. Cukup sisihkan dana sekitar Rp 200.000 – Rp 500.000 untuk mendapatkan pelindung dengan kualitas bagus untuk laptop kesayangan kamu.

Cara Merawat Laptop #27 : Matikan Saja Laptop Kamu Daripada Masuk Mode Sleep

Kebiasaan buruk saat ingin menggunakan kembali laptopnya sebentar lagi adalah dengan masuk metode Sleep atau hibernate. Memang disarankan apabila laptop tidak digunakan secara maksimal. tapi jika terlampau lama hingga 2 jam, sebaiknya matikan saja. Lumayan juga daya yang digunakan untuk menjaga laptop kamu tetap menyala selama itu. Dan juga kamu bisa lebih hemat listrik.

Cara Merawat Laptop #28 : Alas karpet Juga Tidak Disarankan

Selain diatas kasur, kamu juga tidak disarankan untuk menggunakan laptop saat sedang berada diatas karpet. Terlebih karpet itu jarang sekali dibersihkan, banyak debu dan sudah lapuk. Lengkap sudah. Kamu harus menghindarkan sejauh mungkin laptop kamu dari debu-debu halus yang bisa diam-diam merusak komponen di dalam laptop secara perlahan.

Cara Merawat Laptop #29 : Jalankan Selalu Cleaner

Aplikasi penting yang harus kamu miliki di laptop kamu selain antivirus adalah Cleaner. Yang paling terkenal dan direkomendasi itu CCleaner. Kamu bisa mendownloadnya dengan mudah di internet. CCleaner ini sangat penting untuk meringankan kerja laptop dengan cara membersihkan laptop dari banyak file-file yang tidak penting. Dengan begini, kamu bisa mengoptimalkan ruang penyimpanan di laptop kamu dengan lebih baik. Hasil akhirnya, laptop kamu bisa terhindar dari lemot.

Cara Merawat Laptop #30 : Isi Garansi dan Belajar Tentang Garansi

Saat kamu membeli sebuah laptop baru, kamu juga perlu belajar sedikit tentang garansi. Garansi ini penting untuk mengantisipasi jika ada kerusakan yang terjadi sewaktu-waktu. Jika kamu membeli secara online, mintalah petunjuk bagaimana cara mengklaim garansi. Pastikan juga dimana tempat untuk klaim garansi di kota kamu. Jangan takut untuk bertanya, karena ada beberapa kasus saat laptop rusak yang masih dibawah waktu garansi, namun akhirnya tidak bisa mendapatkan garansi karena pembelinya tidak mengerti aturan tentang garansi itu sendiri. Sayang sekali bukan!

Cara Merawat Laptop #31 : Jika Perlu, Gunakan Alat Apapun untuk Melindungi Data dan Hardware Laptop Kamu

Tips terakhir, kamu bisa menggunakan benda atau alat tambahan apapun untuk lebih mengamankan kondisi laptop kamu. Jangan terlalu hitung-hitungan untuk membelinya jika memang itu sangat dibutuhkan bagi laptop kamu. Daripada kamu harus mengorbankan laptop kesayangan kamu, lebih baik kamu menyisihkan dana untuk menjaga, merawat dan melindunginya.

Itulah tips dan trik bagaimana cara merawat laptop agar tetap awet dan tahan lama. Setelah melihat daftar diatas, jangan sampai kamu jadi berpikir merawat laptop itu sangat susah dan merepotkan. Justru sebaliknya, sebagian besar tips-tips diatas sifatnya adalah preventif atau antisipasi saja. Jadi kamu hanya perlu mengetahuinya dan menyesuaikannya dengan kondisi lingkungan kamu. Karena seperti kata orang, menjaga akan selalu menjadi saran terbaik daripada mengobati.

author
Author: 

    Leave a reply "Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet"