Cara Mengatasi HP Lemot Trik Paling Ampuh !

1 comment 519 views

Cara Mengatasi HP Lemot  – Kenapa HP Androidku jadi lemot ya? Padahal aplikasi yang dipasang cuma sedikit? Sudah hapus banyak aplikasi tapi tetap saja lemot? Sudah coba tips dan trik sana-sini tapi tetap saja masih lemot? Gimana caranya HP androidku bisa cepat lagi seperti baru pertama beli?

23+ Tutorial Cara Mengatasi HP Lemot Hingga Jadi Lancar Kembali Seperti Baru

Itu adalah sekumpulan pertanyaan yang jadi keluhan banyak pengguna smartphone android saat ini. Jika kamu juga mengalami hal yang sama maka cara berikut ini akan sangat membantu kamu untuk mengatasi HP kamu yang lemot.

Begini Lengkapnya! Cara Mengatasi HP Lemot yang Terbukti Berhasil

Karena tipsnya sangat banyak, saya sarankan untuk bookmark dulu, agar bisa dibaca lagi di waktu lain. Total ada 24 cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi HP lemot kamu di rumah. Jadi apa saja cara mengatasi HP lemot agar bisa lancar seperti baru kembali? Simak tips-tipsnya.

Cara mengatasi HP Lemot #1 : Pastikan berapa memori internal

cara mengatasi hp lemot

Jangan salah bedakan dengan RAM, memori internal juga sangat berpengaruh pada kecepatan loading HP kamu di setiap aplikasi. Semakin sedikit ruang di memori internal kamu, maka akan semakin lemot HP kamu nantinya. Jadi, sebelum kamu memasang banyak aplikasi, perhatikan berapa kapasitas memori internal HP kamu. Jika dirasa masih cukup banyak ruang, kamu bisa memasang aplikasi apapun. Jika perlu, kamu bisa tambah dengan memori eksternal.

Cara mengatasi HP Lemot #2 : Pentingnya memori eksternal

cara mengatasi hp lemot

memori eksternal

Memori eksternal sangat penting jika ukurang memori internal kamu hanya sebatas 8GB kebawah. Memori eksternal bisa digunakan untuk caching data sistem dan aplikasi kamu. Jadi tidak dibebankan ke memori internal kamu semua. Selain itu, memori eksternal juga bisa dijadikan penyimpan file data-data penting kamu yang berukuran besar. Jika HP-mu lemot karena kehabisan ruang di memori internal, coba pasang memori eksternal dengan ukuran yang lebih besar dari memori internal kamu, kemudian pindahkan foto, video dan file-file besar kamu kesana. Dan rasakan perbedaannya!

Cara mengatasi HP Lemot #3 : Periksa memori eksternalnya benar-benar sehat

Terkadang penyebab HP kamu menjadi lemot itu justru karena memori eksternalnya yang rusak. Kamu bisa melihat tanda-tandanya saat menghubungkannya ke laptop atau komputer. Biasanya memori eksternal atau kartu SD yang rusak, sering kali corrupt atau error sehingga tidak bisa dibaca sempurna. Jika ternyata, kartu SD kamu ada tanda-tanda akan rusak, sebaiknya backup dulu semua data yang ada disana ke dalam komputer. Kemudian format ulang kartu SD tersebut. Lalu kembalikan lagi semua data tadi ke kartu SD. Dijamin kartu SD kamu akan kembali sehat seperti baru.

Cara mengatasi HP Lemot #4 : Kenali OS dengan RAM

cara mengatasi hp lemot

Kenali OS dengan RAM

Meski jarang sekali terjadi, OS Android juga bisa menjadi alasan kenapa HP kamu bisa lemot. Seperti misalnya, HP yang dipasang OS Nougat pasti akan lemot jika hanya memiliki RAM 1 GB. Jadi, sebaiknya pastikan OS Android kamu sesuai dengan besarnya RAM di HP kamu.

Cara mengatasi HP Lemot #5 : Hapus Jika Kamu Menggunakan Wallpaper Custom

Jika saat ini HP kamu lemot, periksa wallpaper kamu. Jika kamu menggunakan wallpaper yang kamu pilih sendiri, sebaiknya kamu ganti dengan wallpaper bawaan HP. Wallpaper custom ikut membebani RAM di HP kamu sehingga loading aplikasi dan kinerjanya menjadi lebih lambat.

Baca Juga !!!  Tips & Trik Menggunakan Hilda di Mobile Legend

Cara mengatasi HP Lemot #6 : Copot Saja, Jika Terlalu Banyak Aplikasi

cara mengatasi hp lemot

aplikasi android

Terlalu banyak aplikasi yang kamu pasang juga bisa menjadi alasan kenapa HP kamu lemot. Sebaiknya copot aplikasi yang sekiranya tidak terlalu penting. Ingat, setelah mencopot aplikasi selalu hapus juga datanya yang tersimpan di File Manager. Hanya mencopot aplikasi-aplikasi tersebut masih menyisakan data-data di memori internal kamu.

Cara mengatasi HP Lemot #7 : Periksa Aplikasi yang Berjalan di Belakang Layar

Saran ini sangat penting kamu lakukan saat HP kamu menjadi lebih lemot dari biasanya. Sebagian besar penyebab HP lemot adalah aplikasi yang tidak terlihat, tapi bekerja di belakang layar. Cara mengatasinya, yakni masuk ke pengaturan aplikasi, kemudian Disable atau Hentikan semua aplikasi yang berjalan di belakang layar. Mulai dari ukuran paling besar terlebih dahulu untuk mendapatkan efek yang lebih terasa.

Cara mengatasi HP Lemot #8 : Pasang Aplikasi Serbaguna Seperti Cleanmaster

Untuk mensiasati banyaknya aplikasi yang memang perlu, kamu bisa memilih aplikasi serbaguna yang memiliki fitur beragam. Salah satu yang sangat saya rekomendasikan adalah Cleanmaster. Aplikasi ini termasuk aplikasi serbaguna karena bisa meningkatkan performa HP kamu, mempercepat loading HP, membersihkan cache, data dan sampah serta menurunkan suhu HP jika terlalu tiinggi.

Cara mengatasi HP Lemot #9 : Antivirusnya itu berat, Pasang Satu Saja!

cara mengatasi hp lemot

Avg antivirus

Seperti yang kamu tahu, antivirus sangat penting untuk menjaga keamanan data dan hardware di HP kamu dari serangan virus dan malware. Karena merasa sangat penting, banyak pengguna android memasang lebih dari 1 antivirus agar lebih menjamin keamanannya. Padahal, hal ini justru menjadi beban berat untuk RAM dan memori internal kamu. Karena Antivirus bekerja dibelakang layar terus-menerus. Jadi pasang satu saja ya. Dijamin sudah aman. Cleanmaster juga sudah dibekali antivirus. Jadi kamu bisa cukup menginstall satu aplikasi ini saja.

Cara mengatasi HP Lemot #10 : Update Sistem Bawaan HP

Jangan salah bedakan ya. Yang saya maksud adalah sistem bawaan HP, bukan aplikasi-aplikasinya. Biasanya sistem akan mengupdate secara rutin dan berkelanjutan tanpa harus menunggu persetujuan dari penggunanya. Tapi sebagian HP lain, memberikan notifikasi dan persetujuan dulu untuk update sistem. Karena dirasa tidak terlalu penting, banyak dari mereka akhirnya menolak pemberitahuan ini. Padahal, dengan tidka meng-update sistem bawaan HP bisa jadi penyebab kenapa HP kamu jadi makin lemot.

Cara mengatasi HP Lemot #11 : Tutup langsung aplikasi yg tidak dipakai.

Untuk mencegah RAM di HP kamu semakin terkuras tanpa disadari, selalu tutup langsung aplikasi yang telah kamu gunakan. Dengan menggunakan fitur auto kill, kamu bisa dengan mudah menutup semua aplikasi yang telah kamu buka tapi belum kamu tutup.

Cara mengatasi HP Lemot #12 : Sekali-kali, Coba install aplikasi berbayar

Seperti yang kamu memasang aplikasi gratis yang ada di Google Play Store selalu menampilkan iklan di dalamnya. Iklan inilah yang biasanya menjadi penyebab HP menjadi lemot. Bukan berarti aplikasi gratis itu buruk lho. Tapi, jika HP kamu ternyata lemot karena sering melihat iklan, kamu bisa mencoba install aplikasi berbayar. Tidak harus semua, pilih satu saja aplikasi yang sekiranya paling sering kamu gunakan.

Cara mengatasi HP Lemot #13 : Kurangi widget atau fitur unik lain di Homescreen

cara mengatasi hp lemot

widget pada android

Widget atau pintasan yang terkadang bisa mempercepat kerja kita di HP, malah memberikan beban besar pada RAM. Terbukti widget dan pintasan termasuk dalam lima daftar konsumsi RAM terbesar. Lambat. Jadi kurangi atau bahkan hapus widget atau pintasan kamu di Homescreen. Meskipun nantinya kerja kamu lebih lama, itu jauh lebih baik daripada membuat HP kamu lemot permanen.

Baca Juga !!!  Yuk, Mengenal Istilah – Istilah Di Asuransi !!!

Cara mengatasi HP Lemot #14 : Animasi yang tidak penting, mending dihapus

Jika HP kamu lemot dan ternyata kamu masih menggunakan animasi-animasi lain di tampilannya, sebaiknya hapus saja. Terlebih jika kamu sendiri yang memasang animasi tersebut (Custom Animasi). Karena animasi ini juga menambah beban RAM yang menjadikan HP kamu semakin lemot.

Cara mengatasi HP Lemot #15 : Hapus pemasangan aplikasi yang tidak penting

Sudah jadi kebiasaan untuk coba-coba memasang aplikasi di Google Play Store yang unik dan menarik. Karena kebanyakan aplikasi itu gratis, akhirnya kendali akan batasan pemasangan aplikasi menjadi kurang. Sehingga banyak aplikasi yang tidak penting. Copot saja dengan menghapus data dan cachenya. Aplikasi bawaan yang tidak penting, bisa kamu disable di menu pengaturan aplikasi.

Cara mengatasi HP Lemot #16 : Jangan Update Semua Aplikasi

cara mengatasi hp lemot

update aplikasi android

Jika kamu perhatikan setiap bulan, selalu ada pemberitahuan untuk mengupdate aplikasi yang kamu pasang. Dan setiap kali update, pasti ukuran aplikasi akan bertambah. Jadi tidak heran, apabila semakin hari, semakin lemot pula HP kamu. Bahkan, jumlahnya akan semakin banyak karena data cache setiap hari juga bertambah setiap kali kamu menggunakan aplikasinya. Saran saya jika HP kamu jadi lemot karena aplikasi adalah jangan update semua aplikasi. Cukup update beberapa aplikasi yang paling sering kamu gunakan. Bahkan, jika masih bisa dibuka, kamu tidak perlu update aplikasi agar memberikan ruang lebih banyak untuk kerja RAM dan memori internal.

Cara mengatasi HP Lemot #17 : Hapus cache data aplikasi

Apa sih cache itu? Gampangnya, cache itu semacam simpanan kerja HP kamu saat membuka suatu aplikasi. Jadi saat kedua kalinya kamu membuka aplikasi yang sama, akan lebih cepat daripada saat pertama kali membukanya. Karena sudah ada simpanannya. Nah simpanan ini disebut cache.

Cache berbeda dengan data aplikasi. Jadi jangan disamakan ya.

Jika HP kamu lemot, bisa jadi karena ukuran cache yang kamu simpan itu sudah banyak. Jadi kamu perlu clear cache. Caranya bisa menggunakan aplikasi pembersih semacam Cleanmaster atau secara manual dengan menuju menu pengaturan > aplikasi > pilih aplikasinya > Clear cache.

Cara mengatasi HP Lemot #18 : Jika perlu, hapus juga cache sistem.

Sama halnya cache aplikasi, cache sistem juga bisa menjadi penyebab HP kamu lemot. Semakin banyak simpanan cache sistem kamu, maka semakin banyak pula RAM yang dipakai sehingga HP menjadi lemot. Kamu juga bisa menggunakan Cleanmaster untuk menghapus cache sistem ini.

Pilihan Menghapus cache sistem ini lebih baik kamu jadikan pilihan akhir-akhir saja saat HP kamu menjadi lemot, karena cache sistem ini cukup penting agar kamu bisa load sistem HP dengan cepat tanpa harus kembali menunggu lama.

Cara mengatasi HP Lemot #19 : Jangan banyak akun Gmail

Semakin banyak akun Gmail yang kamu masukkan dalam HP kamu, maka semakin banyak pula data dan kuota yang harus dikeluarkan untuk menjalankan fitur sinkronisasi. Terlebih jika kamu menggunakan auto-sync, dipastikan HP kamu akan menjadi semakin lemot. Jadi saran saya, cukup satu saja Gmail yang kamu gunakan di HP kamu. Itu akan meringankan beban RAM. Atau jika terpaksa kamu harus memasukkan banyak Gmail, matikan saja auto-sync. Jadi RAM kamu tidak semakin terbebani

Baca Juga !!!  4 HP Yang Dilengkapi Dengan Stylus Pen Terbaik

Cara mengatasi HP Lemot #20 : Launcher minimalis

Salah satu penyebab HP lemot biasanya dikarenakan jenis launcher yang dipasang. Bahkan ada beberapa kasus yang menyebutkan bahwa launcher asli bawaan HP sering error dan bikin lemot. Jadi solusinya kamu bisa mencari launcher yang lebih ringan dan minimalis. Selain mengurangi beban memori internal, kamu juga bisa terhibur dengan launcher baru dan gak bikin bosan.

Tapi jika kasus yang terjadi sebaliknya, kamu menggunakan launcher tambahan dan HP kamu lemot, sebaiknya copot launcher kamu dan balikkan ke launcher asli bawaannya.

Cara mengatasi HP Lemot #21 : Optimalkan Google Chrome atau peramban lain

Setiap HP selalu memiliki peramban atau Browser Google Chrome sebagai pilihan utama untuk browsing. Jadi agar meringankan kerja HP kamu dan membuatnya semakin cepat loading, kamu bisa mengoptimalkan kerja Google Chrome. Ada banyak cara mengoptimalkan Google Chrome yang bisa kamu coba sendiri.

Cara mengatasi HP Lemot #22 : Coba pakai custom ROM

HP lemot sebagian besar dikarenakan kapasitas RAM yang ada tinggal tersisa sedikit ruang. Jadi solusi alternatifnya adalah dengan menggunakan tambahan ROM yang telah kamu tingkatkan performanya. Custom ROM ini akan membantu beban kerja RAM di HP kamu dan akhirnya membuat HP kamu jadi lancar kembali, bahkan cepat seperti baru. Ada banyak tutorial di internet mengenai bagaimana cara memakai custom ROM. Kamu bisa mencobanya sendiri. Tapi ingat, tips ini tidak disarankan bagi pemula ya, karena sedikit ribet.

Cara mengatasi HP Lemot #23 : Rutin Factory & Backup reset

Meski tidak kami rekomendasikan, rutin melakukan factory & backup reset bisa menjadi antisipasi paling bagus untuk menjaga data sistem dan aplikasi kamu saat ini. Jadi misalnya saat HP kamu tiba-tiba error dan tidak bisa digunakan, kamu bisa menggunakan backup data kamu tadi untuk memulihkan HP kamu seperti saat kamu melakukan backup.

Factory & Backup reset juga berguna untuk menghapus dan membersihkan seluruh data, cache dan file sampah yang masih menyangkut dan menumpuk di sistem android kamu. Sehingga setelah selesai proses ini, kerja HP kamu akan lebih ringan dan lebih cepat.

Cara mengatasi HP Lemot #24 : Terakhir, Hard reset.

cara mengatasi hp lemot

Reset android

Langkah dan opsi terakhir untuk kamu yang sudah melakukan seluruh tips diatas tapi tetap saja lemot atau bahkan tidak bisa digunakan karena terkena virus atau malware. Solusinya, Hard reset saja. Hard reset ini semacam Install ulang jika di Laptop atau Komputer. Jadi dipastikan setelah selesai proses Hard reset, HP kamu akan kembali seperti baru pertama beli, bersih tanpa data dan aplikasi apapun. Langkah ini satu-satunya pilihan akhir jika kamu tidak bisa melakukan Factory & Backup reset.

Itulah seluruh tips tentang bagaimana cara mengatasi HP lemot agar bisa lancar kembali. Semua tips diatas bisa kamu coba untuk menemukan solusi mana yang terbaik untuk kondisi HP kamu. Karena setiap kasus berbeda-beda penyebabnya kenapa HP androidnya bisa lemot. Jadi saya sarankan untuk memperkirakan dulu apa penyebabnya dan kemudian coba lakukan 3-5 tips cara mengatasi HP lemot diatas. Ketimbang kamu beli HP baru, mending coba optimalkan kembali HP lemot kamu yang lama. Toh, solusinya juga ada disini semua. Semoga bermanfaat.

author
Author: 
    1. Cara Mendapatkan Kuota Gratis Terbaru Untuk Semua Kartu !4 months ago

      […] Cara Mengatasi HP Lemot Trik Paling Ampuh ! […]

      Reply

    Leave a reply "Cara Mengatasi HP Lemot Trik Paling Ampuh !"