Benarkan, Laptop Milik Microsoft Dengan Windows 10 ARM Ini Memiliki Kinerja Yang Sangat Buruk?

Belum lama ini, kabarnya Microsoft memberikan janji bahwa akan menciptakan sebuah laptop khusus yang bisa menyala dalam kurun beberapa hari dengan memanfaatkan bekal Windows 10 khusus ARM yang disematkan dengan chipset Qualcom Snapdragon 835. Sayangnya, walaupun laptop ini bisa menyala dalam kurun beberapa hari karena ada chip yang disematkan pada dapur permesinannya tadi. Namun, banyak yang menganggap bahwa kinerja laptop ini begitu mengecewakan. Ini bisa dibuktikan dengan adanya bocoran screenshoot benchmark geekbench yang sebelumnya telah dilansir oleh KompasTekno.

Dari hasil screenshoot tersebut, skor laptop yang berbekal Windows 10 S ( Windows 10 dengan hardware low-end) 32-bit yang juga disematkan prosesor Octa-Core yang menggunakan chipset Snapdragon 835 serta RAM 8 GB begitu mengejutkan. Hasilnya, bisa dilihat bahwa 1.163 poin khusus single core sedangkan 4.263 poin multi-core. Perlu kamu ketahui bahwa skor ini mengalami penurunan yang begitu drastis dibandingkan OS yang sebelumnya juga dijalankan oleh Windows 10 Pro. Hal ini bisa dibandingkan chip desktop low-end Core i3 yang menggunakan arsitektur x86 dan bukan ARM. Dimana, bisa menghasilkan skor hingga 3.692 untuk single dan 11.860 untuk multi core.

Selain itu, apabila chipset Snapdragon 835 disematkan pada smartphone juga akan menghasilkan skor yang lebih tinggi dibandingkan hasil screenshoot tadi. Dimana, hasil dari skor Geekbench bisa melebihi angka 2000 poin khusus single core sedangkan 6000 poin khusus untuk multi core. Ini tentu terpaut cukup jauh bukan. Walaupu demikian, perlu diperhatikan jika hasil dari benchmark ini hanya bocoran saja. Dan kebenaran di lapangan belum bisa dipastikan atau masih diragukan. Walaupun begitu, memang fakta yang diberikan oleh sumber ini memang hampir menyentuh kisaran nyata atau fakta di lapangan.

Baca Juga !!!  Aplikasi Alternatif Terbaik Bagi Pengguna Facebook Agar Hemat Kuota

Apabila bocoran tadi memang ada adanya, belum bisa dipastikan bahwa bocoran dari benchmark ini mewakili versi akhir perangkat ini di pasaran nanti. Bisa saja ada kemungkinan besar setelah tahu hasil bocoran ini, Qualcomm serta Microsoft lantas langsung mengejar langkah untuk mengoptimalkan kinerja laptop ini menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya. Menyusul kaitannya dengan hal ini, sebelumnya pihak Qualcomm dan juga Microsoft juga sudah melakukan berbagai kerjasama dengan beberapa pihak yang membuat perangkat Windows 10 basis chipset Snapdragon 835 ini, salah satu diantaranya adalah Hp.

Dimana, vendor HP ini juga dikabarkan sedang melakukan persiapan untuk membuat laptop khusus dengan layar berukuran 12 inchi yang ditanami sebuah RAM yang berkapasitas 4 GB dan 8 GB yang juga disertai dengan ruangan penyimpanan sebesar 128 GB dan 256 GB. Semenjak bocoran ini muncul di publik, dari pihak Qualcomm dan juga Microsoft belum sepenuhnya mengkonformasi apa yang terjadi. So, tunggu saja kabar selanjutnya.

author
Author: 

Leave a reply "Benarkan, Laptop Milik Microsoft Dengan Windows 10 ARM Ini Memiliki Kinerja Yang Sangat Buruk?"