Bagi Kamu yang Suka Tidur Ngiler, Ini Penyebabnya

1 comment 440 views

Kamu mesti pernah tidur dengan mengeluarkan air liur atau biasa orang menyebutnya dengan tidur ngiler. Sebenarnya, asal kamu tahu nih, kondisi ini biasanya dialami oleh bayi dan orang tua. Kamu tidak sadar saat tidur bahwa kamu sedang ngiler. Dan kebayangkan saat kamu harus tidur ketika berada di luar kota atau camping yang memaksa kamu tidur berdampingan dengan orang banyak. Pasti sangat memalukan bukan. Nah, secara medis sebenarnya tidur ngiler merupakan kelainan pada saat posisi tidur.

Dalam artikel berikut akan kami ulas penyebab tidur ngiler, jadi kamu bisa menghindarinya agar tidur ngiler tidak menjadi kebiasaan. Karena ketika sudah menjadi kebiasaan maka akan sulit untuk mengubahnya. Tentu ini akan membuat kamu semakin malu. Ternyata juga tidur ngiler tidak memandang pria maupun wanita semua bakal mengalami tidur ngiler karena disebabkan dengan faktor medis berikut. Ikuti ulasan di bawah ini.

  1. Otot Terlalu Rileks

Kesempatan untuk mengembalikan otot-otot dan organ yang lelah setelah seharian bekerja adalah pada saat tidur.  Pada saat kamu tidur, ternyata otot juga ikut istirahat, dan otot akan bekerja saat kamu bangun tidur. Ketika kamu tidur otot yang terlalu rileks akan menyebabkan otot pada bagian untuk menutup mulut tidak bekerja. Akhirnya, mulut kamu akan terbuka dan membuat kamu ngiler. Kemungkinan yang menyebabkan otot itu terlalu rileks karena terlalu lelah pada saat bekerja.

Pada saat tidur, otot yang terasa rileks itu tanpa kamu sadari kamu alami. Kondisi ini karena pada saat kamu tidur, tidak terjadi stimulus dari saraf ke otot sehingga tidak berkontraksi dan akhirnya kamu secara otomatis akan membuka mulut sampai ngiler. Kamu baru tahu kalau kamu tidur ngiler pada saat kamu terbangun.

Baca Juga !!!  Cara Memutihkan Wajah Dengan Air Beras di Rumah
  1. Kesulitan Bernapas

Ketikan udara melalui hidung dan masuk ke tenggorokan dan akhirnya diproses di paru-paru itu merupakan pernapasan yang normal. Pada saat tidur ketika kamu kesulitan bernapas, maka secara otomatis mulut kamu akan terbuka karena reaksi dari organ yang membutuhkan asupan oksigen. Pada tenggorokan terdapat simpangan saluran nafas antara hidung dan mulut yang muaranya sama yakni menuju paru-paru. Nah, dengan bernafas melalui mulut itulah kebutuhan okseigen dapat terpenuhi dan akhirnya kamu akan mengeluarkan air liur dari mulut itu. Kondisi ini tanpa kamu sadari dan kamu melakukannya karena tidak sengaja.

  1. Mengalami Trauma Sendi Rahang

Mulut secara otomatis dapat terbuka karena pernah mengalami trauma rahang. Trauma rahang itu sendiri dapat diakibatkan karena terbentur ataupun terpukul. Hal inilah yang mengakibatkan secara tidak sengaja kamu membuka mulut kamu hingga akhirnya kamu ngiler.

  1. Otot Mengunyah Mengalami Kram

Ketika kamu mengunyah terlalu lama bisa menjadi penyebab lelahnya otot mengunyah. Sehingga akhirnya otot tersebut akan kaku sampai kram seperti yang terjadi pada otot lainnya. Kondisi inilah yang membuat kamu akhirnya secara tidak sengaja membuka mulut pada saat tidur dan akhirnya ngiler.

Baca Juga :

Ketahui 7 Khasiat Minyak Nabati Bagi Kesehatan, No 6. Paling Super

5 Cara Mudah Meningkatkan Kalium, Wajib Kamu Ketahui

  1. Kebiasaan Lama

Jika kamu sudah terbiasa dengan tidur ngiler kemudian kamu tetap melakukannya dan tidak mengubahnya maka itu akan menjadi sulit. Hal ini disebabkan oleh otak dan saraf telah merekam kebiasaan yang diulang berkali-kali, hingga akhirnya menjadi sesuatu hal yang biasa terjadi. Jadi, kamu secara tidak sadar dan tanpa sengaja melakukan hal ini. Oleh karena itu, hindarilah kelainan kesehatan ini sebelum menjadi kebiasaan.

Baca Juga !!!  Cara Cepat Mengurangi Lemak Perut
author
Author: 
    1. Cara Cepat Mengurangi Lemak Perut - Yatmaexpo2 years ago

      […] Bagi Kamu yang Suka Tidur Ngiler, Ini Penyebabnya […]

      Reply

    Leave a reply "Bagi Kamu yang Suka Tidur Ngiler, Ini Penyebabnya"