5 Cara Mudah Meningkatkan Kalium, Wajib Kamu Ketahui

Kalium memiliki fungsi penting tubuh, mulai dari keseimbangan cairan sampai pada fungsi otak dan jantung. Meski kamu sudah merasa cukup mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, namun sebenarnya kamu hanya menerima setengahnya saja dari kebutuhan kalium untuk tubuh kamu. Nah, dengan demikian kamu bakal rentan akan terkena resiko berbagai penyakit. Agar kamu tidak terkena bahaya dari kekurangan kalium, maka kamu harus atasi dengan berbagai cara untuk membuat kalium dalam tubuh kamu meningkat.

Dalam artiket berikut akan kami bahas tentang  5 cara mudah meningkatkan kalium, wajib kamu ketahui agar kamu tidak terkena bahaya dari kekurangan kalium. Langsung saja ya, berikut cara-caranya.

  1. Konsumsi Susu dalam Menu Diet

Sumber kalium yang paling adalah susu. Bagi kamu yang melakukan diet sangat disarankan untuk mengonsumsi susu. Olahan susu yang dapat kamu jadikan alternative banyak nih, mulai dari yoghurt yang memiliki kandungan sekitar 580 mg kalium. Sampai satu gelas susu tanpa lemak dengan kandungan hingga 380 mg kalium.

Namun demikian, kamu disarankan untuk memilih olahan susu yang tanpa mengandung lebih. Karena lemak yang terkandung susu dapat meningkatkan kalori sangat drastis. Dan bagi kamu yang tidak diperbolehkan mengonsumsi segala laktosa, kamu bisa memilih makanan lain untuk asupan kalium yang dibutuhkan tubuh kamu.

Baca Juga :

Pedas Gear yang digunakan Hero Karrie Dalam Mobile Legend

  1. Buah Berkalium Tinggi

Buah ternyata juga ditengarai sebagai makanan yang mengandung kalium sangat tinggi. Namun, kamu juga harus tahu nih, tidak semua buah ternyata memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kamu bisa memilih buah dengan kandungan tinggi antara lain:

  1. Pisang dengan kadar kalium 420 mg
  2. Buah pepaya dengan kadar kalium 390 mg
  3. Aprikot dengan kadar kalum 380 mg
  4. Blewah dengan kandungan kalium 370 mg
  5. Jus jeruk dengan kandungan kalium 360 mg
  6. Kismis dengan kandungan kalium 270 mg
  7. Stroberi dengan kadar kalium 250 mg
Baca Juga !!!  Cara Mudah Internet Gratis Smartfren Terbukti Work

 

  1. Pilih Sayuran Kaya Kalium

Sayuran terbukti makanan yang kaya akan kalium. Kamu dapat memilih sayuran berikut dengan takaran kalium dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kalium kamu. Sayuran tersebut diantaranya sebagai berikut:

  1. Kentang panggang dengan kandungan kalium 930 mg
  2. Ubi jalar dengan kadar kalium 690 mg
  3. Jus Wortel memiliki kandungan kalium 520 mg
  4. Winter Squish memiliki kadar kalium 450 mg
  5. Bayam dengan kandungan kalium 420 mg
  6. Jus Tomat dengan kandungan kalium 420 mg
  7. Seledri dengan kadar kalium 310 mg
  8. Brokoli dengan kandungan kalium 280 mg
  9. Bigula dengan kadar kalium 270 mg
  10. Daging Berkalium Tinggi

Daging mempunyai kandungan kalsium yang bervariasi. Kami bisa memilih daging yang memiliki kandungan kalium tinggi dalam menu makanmu. Berikut adalah daftar daging dengan berat 85 gram yang bisa kamu pilih.

  1. Daging ayam dengan kandungan kalium 380 mg
  2. Daging sapi dengan kandungan kalium 290 mg
  3. Daging domba dengan kadar kalium 260 mg
  4. Daging kalkun dengan kadar kalium 250 mg
  5. Hidangan Laut

Ikan diyakini dapat meningkatkn kebutuhan kalium dalam tubuh kamu. Selain mengandung omega-3 yang berfungsi untuk otak, ikan kaya dengan kalium. Asal kamu tahu ya, dalam satu saji ikan laut dengan berat 8 gram kamu mendapatkan asupan kalium sebesar 480 mg.

2 thoughts on “5 Cara Mudah Meningkatkan Kalium, Wajib Kamu Ketahui”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *